8 Tempat Wisata Keren Dan Berhati Nyaman Di Yogyakarta


8 Tempat Wisata Keren Dan Berhati Nyaman Di Yogyakarta

Jika ingin berlibur ke daerah yang memiliki jenis pariwisata yang lengkap, Yogyakarta adalah jawabannya.

Mulai dari wisata pantai dan gunung hingga hutan dan waduk, mulai dari wisata budaya dengan nilai tradisional hingga wisata kekinian, semuanya bisa dilakukan di Yogyakarta.


 1. Gunung Merapi 

Wisata Gunung Merapi Di Yogyakarta

Gunung Merapi adalah salah satu ikon di kota pelajar ini.

Di Gunung Merapi kita bisa melakukan wisata off-road yaitu mengendarai mobil Jeep dengan rute di gunung yang disebut Merapi Lava Tour.

Wisata ini dapat dilakukan bersama dengan keluarga ataupun teman-teman karena dalam 1 mobil jeep bisa memuat 4 orang. 

 2. Pantai 

Karena berada di daerah selatan pulau Jawa, tak diragukan lagi Yogyakarta memiliki banyak sekali pantai yang indah dengan ombak dan angin yang nyaman.

Beberapa pantai yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta adalah Pantai Indrayanti, Pantai Drini, Pantai Siung dan Pantai Wediombo (untuk wisata renang, bersantai dan menikmati pemandangan).

Pantai Krakal untuk yang senang berselancar. Pantai Timang untuk merasakan serunya naik gondola melintasi laut.

Pantai Ngobaran untuk merasakan nilai budaya dari Pura yang didirikan disana.


 3. Hutan 

Ada 2 macam wisata hutan yang bisa dikunjungi di Yogyakarta: wisata hutan mangrove di daerah dekat pantai dan wisata hutan pinus di daerah bukit.

Untuk kalian yang ingin merasakan sejuknya udara dan rimbunnya pepohonan yang nyaman, Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon dan Hutan Pinus Mangunan wajib dikunjungi.

 4. Waduk 

Mungkin dulu kita beranggapan bahwa waduk memiliki fungsi hanya sebagai penampung air dan tempat budidaya ikan.

 Namun tidak seperti itu di Kalibiru, Yogyakarta. Kalibiru adalah daerah wisata di Yogyakarta dengan menara pandang yang bisa membuat kita melihat indahnya bentang alam di Yogyakarta.

 5. Tebing Breksi 

Tebing Breksi Yogyakarta terletak di daerah Sambirejo, Prambanan.

Tebing Breksi ini berdekatan dengan Candi Ijo jadi jika memungkinkan, kunjungilah kedua tempat wisata ini karena memang satu arah.

Di tebing Breksi ini selain bisa berfoto-foto ria, kita bisa menikmati jajanan dan juga berinteraksi dengan burung hantu.

 6. Candi 

Candi Tempat Wisata di Yogyakarta

Candi Tempat Wisata di Yogyakarta

Yogyakarta adalah daerah yang sangat kaya akan budaya.

Hal ini ditunjukkan dari banyaknya peninggalan candi disini. Candi Prambanan mungkin adalah yang paling terkenal.

Di daerah candi ini sering diadakan pertunjukan sendratari Ramayana dan juga konser musik internasional.

Candi Ratu Boko adalah candi yang terkenal akan pemandangannya saat matahari terbenam. Candi Ijo juga terkenal akan bentuknya dan posisinya di atas bukit yang membuatnya sangat nyaman untuk dikunjungi di hari yang cerah.

Candi lain yang terkenal di daerah Yogyakarta adalah Candi Kalasan, Plaosan, Sambisari dan Candi Sari.

Banyak orang berpikir bahwa Candi Borobudur terletak di Yogyakarta,tapi sebenarnya candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah, walaupun memang posisinya berdekatan dengan Yogyakarta.

 7. Keraton Yogyakarta 

Keraton Yogyakarta - tempat wisata di Jogja

Yogyakarta adalah daerah yang istimewa, karena sampai sekarang sistem Keraton dengan Sultan sebagai pemimpinnya masih diterapkan.

Beruntungnya, daerah keraton terbuka untuk dikunjungi wisatawan.

Di Keraton Yogyakarta ini kita bisa melihat alat musik dan kendaraan tradisional yang digunakan keluarga Keraton di zaman dulu.

Tidak hanya itu, penampilan musik dan sendratari juga masih dilakukan hingga sekarang. Ketika berkunjung ke Keraton, jangan lupa juga untuk berkunjung ke Taman Sari.

Taman Sari dulunya adalah tempat pemandian Keraton yang sekarang menjadi tempat wisata yang ikonik, “belum ke Jogja kalau belum foto di Taman Sari”.

 8. Museum 3D 

Yogyakarta - museum 3D De Mata Trick Eye Museum Yogyakart 6

Yogyakarta - museum 3D De Mata Trick Eye Museum Yogyakart 9

Yogyakarta - museum 3D De Mata Trick Eye Museum Yogyakart 10

Yogyakarta - museum 3D De Mata Trick Eye Museum Yogyakart 11

Yogyakarta - museum 3D De Mata Trick Eye Museum Yogyakart 12

Yogyakarta - museum 3D De Mata Trick Eye Museum Yogyakart 13

Yogyakarta - museum 3D De Mata Trick Eye Museum Yogyakart 15

Tidak hanya wisata bentang alam dan budaya, Yogyakarta juga memiliki museum 3D yaitu De Mata Trick Eye Museum.

Di museum ini ada banyak karya seni yang bisa membuat kita berfoto-foto ria dengan seru karena keunikan dan “tampak seperti asli”nya.

Mulai dari foto kaleng keluarga Khong Guan hingga foto di Kincir Angin Belanda.

Jangan lupa menyiapkan kamera baik itu SLR ataupun kamera HP, dan siapkan memori yang cukup.

Jika kurang pandai berpose atau berfoto, tenang saja karena para karyawan di De Mata ini sangat ramah dan menyenangkan.

Mereka akan mengajari bagaimana pose terbaik untuk tiap 3D art dan merekapun dengan senang hati mau membantu kita dalam memotret.

Berangkat ke Yogyakarta bisa dengan berbagai macam transportasi mulai dari pesawat, kereta hingga bis.

Semuanya tergantung dengan pilihan waktu dan kenyamanan masing-masing.

Namun, bisa dibilang pergi ke Jogja dengan bus Joglosemar adalah pilihan yang baik mengingat daerah Jogja dan sekitarnya memiliki bentang alam sawah yang indah.

Sehingga ketika naik bus Joglosemar, penumpangnya pun bisa menikmati pemandangan itu.

Jadi, tunggu apalagi? Liburan nyaman, liburan istimewa, ke Yogyakarta saja :)


Until next post!



Meet Me here :


You May Also Like

22 comments

  1. Jogja emang ngangenin, aku gak mau pulang kl liburan kesana. 4 hari g cukup 😂

    ReplyDelete
  2. Kata temen temen Merapi lava tour Memang tempat wisata yang keren mba, bisa ngikutin adrenalin sayangnya harus min 4 orang

    ReplyDelete
  3. selalu ingin kembali ke jogja, romantis banget kotanya haha

    ReplyDelete
  4. Jogja nih emang nggak ada duanya ya beb. ❤
    Tempat-tempatnya seru semua. Dari yang alami kayak embung dan pantai, sampai yang buatan seperti museum. ❤
    Komplit dan unforgettable. ❤

    ReplyDelete
  5. paling suka sama gunung merapi dan museum 3d, aku penasaran banget sama tebing breksinya niiih, kapan2 kalo ke jogja mau ke sana ahhhh buat liat sebagus apa :))

    ReplyDelete
  6. udah lama ga ke jogja, jadi pengen kesana lagi, paling menarik si museum 3d nya ya, seru seru banget spot fotonya

    ReplyDelete
  7. waduh tahun lalu aku ke yogya tapi aku kok ga tau ada museum 3D di Yogya :( tapi jadi ada alasan buat kembali ke Yogya deh hahahaa

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen explore yogykarta lebih lagi deh. Kemaren sempet ke jogja cuma ga sampe ke pantai dan gunung nya nih.. next wajib nih kesana.

    ReplyDelete
  9. Ternyata banyak pantai di Jogja ya say? yang paling rekomen pantai apa di jogja?

    ReplyDelete
  10. Ahahah aku salfok sama fotonya beb, kreatif dan bikin ngakak sih apalagi yg khong guan travel. Btw, Yogyakarta emang selalu ngangenin dan bikin pengen balik lagi ya beb hihi

    ReplyDelete
  11. Waaak, aku belum pernah nih ke museum 3D di Yogya. Trus aku ngakak dong liat foto yang Khong Guan itu, kek beneran hahaha. Kapan kapan liburan mesti ke sini nih, seruuu :D

    ReplyDelete
  12. okay, Tebing Breksi masuk list buat traveling ke Yogya selanjutnya. Banyak tempat menarik di Yogyakarta yang seru dan bisa di eksplor lebih lagi, kayak Gua Pindul misalnya.

    ReplyDelete
  13. Jogja emang banyak banget tempat wisata yang bagus dan instagrammable yaa makanya aku selalu kangen Jogja
    Kalo kesana aku suka ke Malioboro, main ke Candi sama ke Taman Sari hehe

    ReplyDelete
  14. Semua wisatanya keren2 banget kak. Dulu pas ke Jogja ga sempat ngunjungin banyak tempat wisatanya huhu nah ini bisa jadi destinasiku pas ke Jogja. Thankyouu~♡

    ReplyDelete
  15. ah.. jadi pengen liburan ke jogja lagi. memang sih, jogja punya banyak tempat bagus untuk dikunjungi yaaa..

    ReplyDelete
  16. jogja itu salah satu kota yang bener bener pengen banget aku kunjungi, wish list aku dari beberapa tahun lalu dan belum kesampean sampe sekarang nih, semoga tahun ini bisa kesampea hehe

    ReplyDelete
  17. Kalo ke Jogja mah gk lengkap rasanya kalo gk kecanduan kan ? Hihi aku juga jadi pengen main ke candi ih beph

    Enychan

    ReplyDelete
  18. Pas banget.. Aku mau ke jogja nih bulan2 depan gitu. Aku butuh referensi tempat2 wisata disna.. Tencu untuk rekomendasinya

    ReplyDelete
  19. Sayangnya kemarin pasar tugu Jogja aku tidak mampir ke museum 3D ini sepertinya bagus sekali ya di sini

    ReplyDelete
  20. Waah makasih referensinya ya Lily. Kebetulan aku emang ada rencana mau solo trip ke Semarang dan Jogja. Salah satu tempat yang kepingin aku datengin ya si museum 3D itu.

    ReplyDelete
  21. asik kebanyakan udh aku datengin, tapi aku justru blm pernah main ke gn merapi sama beberapa pantai ky indriyanti apa ya namanya wkwk penasaran bgt tp blmm ada waktu

    ReplyDelete